Juknis SMA
JUKNIS
OLIMPIADE
JSIT BANTEN BARAT
2017/2018
SMA
Aturan
Umum
1.
Niatan awal ajang
0limpiade ini adalah sarana Silaturahim. Segala protes dan keberatan harap
disampaikan dengan santun dan mengedepankan asa kekeluargaan.
2.
Siswa yang
diikutsertakan dalam pertandingan adalah siswa kelas X-XI (siswa kelas XII diperkenankan ikut
serta dalam mata lomba beregu)
3.
Setiap peserta WAJIB
datang 10 menit sebelum pertandingan dimulai
4.
Untuk pertandingan yang
terdiri atas putra dan putri, maka setiap sekolah boleh ikut dua-duanya atau
salah satunya.
5.
Semua lomba
memperebutkan juara 1, 2, 3
6.
Semua pertandingan dan
perlombaan olahraga mendapatkan medali
7.
Semua perlombaan selain
olahraga mendapatkan piala
8.
Semua protes diterima
oleh panitia jika dilakukan secara tertulis, ditandatangani oleh kepala
sekolah, dan dilakukan maksimal 10 menit setelah pertandingan usai
9.
Karena ajang
olimpiade ini maksud utamanya adalah untuk bersilaturahim. Maka, diputuskan
tidak ada Diskualifikasi untuk keterlambatan sebelum tim terakhir selesai.
Untuk penjelasan lihat lampiran berjudul: Aturan Diskualifikasi.
10.
Keterlambatan pada
perlombaan semacam menggambar, Matematika, IPA, IPS, dan menganyam. Maka, jika
peserta datang terlambat masih boleh ikut tetapi tidak mendapat penambahan
waktu
11.
Setiap pengundian penampilan
lomba dilakukan pada waktu pelaksanaan dengan mengundi peserta yang datang.
Peserta yang terlambat hadir dan tidak mengikuti undian, maka otomatis tampil
terakhir, demikian selanjutnya. Jika sampai kesempatan kedua tidak ada maka
dinyatakan gugur.
JUKNIS FILM PENDEK.
I. KONSEP FILM PENDEK, KONSEP LOMBA, DAN TEMA LOMBA
A. Definisi Film Pendek
Film pendek adalah sebuah karya audio-visual yang berdurasi pendek dan bercerita dengan singkat. Satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh atau subyek tertentu yang mencerminkan tema.
B. Jenis Film Pendek
1. Film Drama (Fiksi) dikenal sebagai film yang memiliki alur cerita dan konflik, digerakkan oleh tokoh yang memiliki motif (alasan) tertentu. Tokoh ini kemudian ‘membawa’ penonton masuk ke dalam sebuah situasi atau peristiwa.
2. Film Non-Drama (Dokumenter) menyajikan fakta/realita melalui berbagai cara dan tujuan. Sifatnya orisinil dan otentik yang memiliki keakuratan, logis, dan didasari data yang valid. Karakter yang dimunculkan mewakili orang atau subjek tertentu yang keberadaanya faktual dan otentik dan relevan dengan realitas tertentu.
C. Konsep Lomba
Lomba film pendek ini dikemas dalam konsep “Dokumenter dan Drama”
I. KONSEP FILM PENDEK, KONSEP LOMBA, DAN TEMA LOMBA
A. Definisi Film Pendek
Film pendek adalah sebuah karya audio-visual yang berdurasi pendek dan bercerita dengan singkat. Satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh atau subyek tertentu yang mencerminkan tema.
B. Jenis Film Pendek
1. Film Drama (Fiksi) dikenal sebagai film yang memiliki alur cerita dan konflik, digerakkan oleh tokoh yang memiliki motif (alasan) tertentu. Tokoh ini kemudian ‘membawa’ penonton masuk ke dalam sebuah situasi atau peristiwa.
2. Film Non-Drama (Dokumenter) menyajikan fakta/realita melalui berbagai cara dan tujuan. Sifatnya orisinil dan otentik yang memiliki keakuratan, logis, dan didasari data yang valid. Karakter yang dimunculkan mewakili orang atau subjek tertentu yang keberadaanya faktual dan otentik dan relevan dengan realitas tertentu.
C. Konsep Lomba
Lomba film pendek ini dikemas dalam konsep “Dokumenter dan Drama”
D.
Tema Lomba
Tema lomba adalah “Bergerak Dalam Realitas’’
Pengertian tema lomba tersebut adalah gerakan perubahan pola prilaku, pola pikir, dan/atau budaya tertentu secara sesegera mungkin melalui strategi tertentu. Seni dipandang sebagai salah satu cara yang strategis dalam mewujudkan revolusi mental tersebut melalui pesan-pesan perubahan yang disampaikan dalam karya seni tertentu.
Tema lomba adalah “Bergerak Dalam Realitas’’
Pengertian tema lomba tersebut adalah gerakan perubahan pola prilaku, pola pikir, dan/atau budaya tertentu secara sesegera mungkin melalui strategi tertentu. Seni dipandang sebagai salah satu cara yang strategis dalam mewujudkan revolusi mental tersebut melalui pesan-pesan perubahan yang disampaikan dalam karya seni tertentu.
II.
KRITERIA PESERTA DAN KRITERIA KARYA
A. Kriteria Peserta
Masing-masing Sekolah dapat mengikuti maksimal 2 (dua) tim produksi lomba film pendek yang terdiri atas 3 (tiga) orang peserta setiap timnya.
B. Kriteria Karya
Kriteria Karya Film Pendek yang disertakan dalam Lomba Film Pendek, mencakup Kriteria Isi, Kriteria Teknis, dan Kriteria Administratif.
1. Kriteria Isi
a. Berisi saran, imbauan, seruan, dan solusi sesuai dengan tema lomba.
b. Isi film harus menarik, komunikatif, dan inspiratif.
• Menarik: Konsep Dokumenter akan menggambarkan lokasi yang menarik atau suasana dan kebiasaan tertentu dari daerah atau wilayah (tempat tinggal) pembuat film, yang kemudian menjadi latar belakang dari cerita dan pesan yang akan disampaikan.
para penonton.
A. Kriteria Peserta
Masing-masing Sekolah dapat mengikuti maksimal 2 (dua) tim produksi lomba film pendek yang terdiri atas 3 (tiga) orang peserta setiap timnya.
B. Kriteria Karya
Kriteria Karya Film Pendek yang disertakan dalam Lomba Film Pendek, mencakup Kriteria Isi, Kriteria Teknis, dan Kriteria Administratif.
1. Kriteria Isi
a. Berisi saran, imbauan, seruan, dan solusi sesuai dengan tema lomba.
b. Isi film harus menarik, komunikatif, dan inspiratif.
• Menarik: Konsep Dokumenter akan menggambarkan lokasi yang menarik atau suasana dan kebiasaan tertentu dari daerah atau wilayah (tempat tinggal) pembuat film, yang kemudian menjadi latar belakang dari cerita dan pesan yang akan disampaikan.
para penonton.
• Komunikatif: Kekuatan film adalah
menggunakan unsur gambar (visual) dalam menuturkan cerita atau menyampaikan
pesan. Unsur suara (dialog, musik, Sound effect) tetap dapat
digunakan sebagai penunjang.
• Inspiratif: Isi Film dapat membangkitkan kesadaran masyarakat umum khususnya para pemuda dan pelajar bahwa pendidikan memiliki peran dalam pembentukan karakter anak bangsa.
c. Merupakan ekspresi yang bersifat bebas tetapi tetap menjaga nilai-nilai kesopanan, tidak menyinggung SARA, dan tidak mengandung unsur pornografi.
d. Menekankan ide atau gagasan dengan tetap mempertimbangkan unsur keindahan dari sudut teknis, baik kamera, artistik, pengadeganan, musik, dan editing.
e. Kerangka Isi Karya Film (Kerangka Program)
1) Starting : Logo JSIT
2) Opening : Main Title
3) Content (Isi Film)
4) Ending: Fade Out
5) Closing:
-Credit Title (Nama Pemain dan Tim Produksi)
- Ucapan Terimakasih/Dedikasi
-Imposing Copyright Olimpiade Jsit 2016
-Blank
2. Kriteria Teknis
a. Durasi Film: Maksimal 7 (tujuh) Menit.
b. Film dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital, dengan ketentuan:
1) Menggunakan kamera digital (DSLR, Handy- Cam, GoPro, dsb.) atau piranti (gadget) jenis lainnya yang menggunakan format HD (High Definition).
2) Hasil Akhir berbentuk data, dengan alternative format:
• Quicktime Movie (mov), sound rate: 48.000 khz, size: 16 bit. 25 Fps, dengan Aspec Ratio: 16:9.
• Mpeg 4 (Mp 4), Image size: 1920x1080 HD,
• 1280x720 HD, 25 Fps, Audio: Rate 48000 khz size 16 bit, dengan Aspec Ratio: 16:9
c. Tidak menggunakan footage, dan stock-shot gambar yang dibuat oleh orang di luar anggota tim.
d. Tidak menggunakan musik/lagu, tanpa ijin pemilik hak cipta karya tersebut.
3. Kriteria Administratif (Format Terlampir)
a. IDE POKOK dirumuskan dalam satu kalimat yang berisi gagasan dasar. Gagasan dasar ini merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton.
b. SINOPSIS sebanyak 1 (satu) paragraf.
c. SKENARIO yang harus selesai dalam waktu yang telah ditetapkan.
D. Penyerahan Hasil Karya
1. Karya dikumpulkan menggunakan media flash disk masing-masing tim peserta kepada penyelenggara/
2. Tenggat waktu (dead-line) penyerahan hasil karya para peserta paling lambat H-3 (tanggal 25 Januari 2017)
E. Penjurian
1. Penilaian dilakukan dengan melihat kekuatan dan kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil film.
2. Penilaian Keindahan (estetika) melalui penyajian film berupa: Penyutradaraan, Sinematografi, penyuntingan, dan sebagainya
3. Film yang diciptakan mampu membangkitkan rasa kebangsasan atau nasionalisme masyarakat.
4. Film yang diciptakan mampu membangun kesadaran tentang nilai-nilai kebersamaan, kemanusiaan, dan budi pekeri yang luhur.
5. Apabila diketahui telah terjadi pelanggaran atas mekanisme pelaksanaan lomba, baik dalam tahap pra-produksi, tahap produksi, maupun pasca-produksi, maka dewan juri dan penyelenggara akan menganulir dan/ atau dibatalkan penghargaannya.
• Inspiratif: Isi Film dapat membangkitkan kesadaran masyarakat umum khususnya para pemuda dan pelajar bahwa pendidikan memiliki peran dalam pembentukan karakter anak bangsa.
c. Merupakan ekspresi yang bersifat bebas tetapi tetap menjaga nilai-nilai kesopanan, tidak menyinggung SARA, dan tidak mengandung unsur pornografi.
d. Menekankan ide atau gagasan dengan tetap mempertimbangkan unsur keindahan dari sudut teknis, baik kamera, artistik, pengadeganan, musik, dan editing.
e. Kerangka Isi Karya Film (Kerangka Program)
1) Starting : Logo JSIT
2) Opening : Main Title
3) Content (Isi Film)
4) Ending: Fade Out
5) Closing:
-Credit Title (Nama Pemain dan Tim Produksi)
- Ucapan Terimakasih/Dedikasi
-Imposing Copyright Olimpiade Jsit 2016
-Blank
2. Kriteria Teknis
a. Durasi Film: Maksimal 7 (tujuh) Menit.
b. Film dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital, dengan ketentuan:
1) Menggunakan kamera digital (DSLR, Handy- Cam, GoPro, dsb.) atau piranti (gadget) jenis lainnya yang menggunakan format HD (High Definition).
2) Hasil Akhir berbentuk data, dengan alternative format:
• Quicktime Movie (mov), sound rate: 48.000 khz, size: 16 bit. 25 Fps, dengan Aspec Ratio: 16:9.
• Mpeg 4 (Mp 4), Image size: 1920x1080 HD,
• 1280x720 HD, 25 Fps, Audio: Rate 48000 khz size 16 bit, dengan Aspec Ratio: 16:9
c. Tidak menggunakan footage, dan stock-shot gambar yang dibuat oleh orang di luar anggota tim.
d. Tidak menggunakan musik/lagu, tanpa ijin pemilik hak cipta karya tersebut.
3. Kriteria Administratif (Format Terlampir)
a. IDE POKOK dirumuskan dalam satu kalimat yang berisi gagasan dasar. Gagasan dasar ini merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton.
b. SINOPSIS sebanyak 1 (satu) paragraf.
c. SKENARIO yang harus selesai dalam waktu yang telah ditetapkan.
D. Penyerahan Hasil Karya
1. Karya dikumpulkan menggunakan media flash disk masing-masing tim peserta kepada penyelenggara/
2. Tenggat waktu (dead-line) penyerahan hasil karya para peserta paling lambat H-3 (tanggal 25 Januari 2017)
E. Penjurian
1. Penilaian dilakukan dengan melihat kekuatan dan kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil film.
2. Penilaian Keindahan (estetika) melalui penyajian film berupa: Penyutradaraan, Sinematografi, penyuntingan, dan sebagainya
3. Film yang diciptakan mampu membangkitkan rasa kebangsasan atau nasionalisme masyarakat.
4. Film yang diciptakan mampu membangun kesadaran tentang nilai-nilai kebersamaan, kemanusiaan, dan budi pekeri yang luhur.
5. Apabila diketahui telah terjadi pelanggaran atas mekanisme pelaksanaan lomba, baik dalam tahap pra-produksi, tahap produksi, maupun pasca-produksi, maka dewan juri dan penyelenggara akan menganulir dan/ atau dibatalkan penghargaannya.
Lampiran
. Format Administratif Karya Film Pendek Peserta
Halaman COVER:
(JUDUL KARYA)
KARYA:
NAMA:………………………………………… (ASAL SEKOLAH)
NAMA: ………………………………………… (ASAL SEKOLAH)
NAMA: ……………………………………........ (ASAL SEKOLAH)
(LOGO JSIT)
Halaman
1:
IDE POKOK (dirumuskan dalam satu kalimat yang berisi gagasan dasar. Gagasan dasar ini merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton)
SINOPSIS (1 Paragraf)
Halaman 2 dan seterusnya:
SKENARIO
NAMA PEMAIN
IDE POKOK (dirumuskan dalam satu kalimat yang berisi gagasan dasar. Gagasan dasar ini merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton)
SINOPSIS (1 Paragraf)
Halaman 2 dan seterusnya:
SKENARIO
NAMA PEMAIN
NAMA TIM PRODUKSI
CERDAS CERMAT PAI
a.
Sekolah
mengirimkan 1 tim terdiri atas 3 orang tidak boleh campuran. Putra saja atau
putri saja
b.
Babak
1: penyisihan:
1.
Tim
mengerjakan 50 soal Pilihan Ganda (PG), durasi 60 menit
2.
Tiga
( 3 ) grup dengan nilai tertinggi akan masuk ke final.
3.
Jika
diperoleh nilai yang sama, maka ada soal tambahan
c.
Babak
final. (3 tim)
1.
Babak
1. Dibacakan 10 soal kepada tiap kelompok. Kelompok lain boleh menjawab/merebut
soal yang tidak bisa dijawab
2.
Babak
2. Rebutan. Jumlah Soal : 20
d.
Pemenang
adalah kolompok dengan nilai tertinggi
e.
Jika
sampai akhir babak diperoleh nilai yang sama, maka ada soal tambahan.
TAHFIDZ tingkat SMA
a. Cabang juz 30, 29, dan 28
b. Setiap sekolah mengirimkan maksimal 2 orang (terdiri atas putra dan putri untuk bertanding secara individu)
c. Teknis perlombaan
1. Setiap pertanyaan 8 baris panjangnya.
2. Setiap siswa melanjutkan 5 pertanyaan
3. Untuk Soal pertama diawali dengan Ta’awudz dan basmalah serta mengulang pertanyaan yang dibacakan lalu melanjutkan.
4. Untuk pertanyaan 2 sampai 5 hanya mengulang pertanyaan yang di bacakan lalu melanjutkan, tidak diawali dengan ta’awudz dan basmalah
5. Sistem penilaian 3 Kriteria
(1. Kelancaran hafalan/bacaan,
(2. Kefasihah (tartil, Tajwid dan Makhorij)
(3. Adab/kerapihan/mental
NASYID tingkat SMA
a. Setiap sekolah mengirim 1 tim nasyid
b. Peserta khusus putra
c. Setiap tim terdiri atas minimal 3 orang
d. Lagu pilihan :
1. Edcoustic – Muhasabah Cinta
2. Raihan – Demi Masa
3. Raihan – Senyuman
4. Maher Zain – Insya Allah
5. Justice Voice – Rumus Canggih
6. Nazrey Joha – Muslimah
7. Chrisye – Damai BersamaMu
8. Tashiru – Satukan Muslim Sedunia
9. Awan – Kekasih Allah
10. Snada – Hanya PadaMu
e. Penilaian: Teknik, materi vokal, penghayatan, dan performance
f. Lagu bebas dipersilakan memilih sendiri, maksimal durasi 5 menit 1 Lagu
g. File audio iringan musik (instrumen) dibawa sendiri oleh peserta. Formatnya mp3, atau yang lain.
g. Boleh menggunakan alat musik (gitar, organ, keyboard, dll) atau acapella – dibawa sendiri oleh peserta
FUTSAL
(SMA)
a.
Setiap
sekolah mengirim 1 tim
b.
Setiap
tim terdiri atas 8 peserta
c.
Peserta
WAJIB mengenakan training (celana panjang)
d.
Pemain
memakai decker pelindung tulang kering.
e.
Penjaga
gawang berseragam beda
f.
Memakai
kostum tim
g.
Didampingi
1 official / pelatih
h.
Sistem
gugur
i.
5x
pelanggaran pinalti
j.
Tidak
ada slaiding tackle
k.
Tidak
boleh merebut bola dengan body
l.
Waktu
permainan 2 x 15 menit
a.
Bentuk lomba adalah mengerjakan
soal-soal IPA PG (40 soal) dan isian (10 soal)
b.
Setiap sekolah mengirimkan maksimal
3 orang pesertauntuk bertanding secara individu
c.
Peserta membawa alat tulis
masing-masing
d.
Materi yang dilombakan meliputi
pelajaran kelas X – XII (proporsional)
e.
Lomba hanya terdiriatas 1 babak
dengan durasi pengerjaan 120 menit
f. Soal yang benar mendapat skor 1, soal
yang salah mendapat skor 0
KALIGRAFI (SD,SMP,SMA)
A. Aturan
Perlombaan :
1. Jenis
Khat Pilihan
· Naskhi
· Tsulusi
· Riq’i
· Farissy
· Diwani
2. Ayat
yang ditulis adalah :
· Tingkat
SD : QS. Al-Kautsar ayat 1-3
· Tingkat
SMP : QS. Al-Asr ayat 1-3
· Tingkat
SMA : QS. Al-Ikhlas ayat 1-4 atau
Al-Kafirun 1-6
3. Peserta
membawa peralatan sendiri
· Tingkat
SD : menggunakan krayon
· Tingkat
SMP : menggunakan cat air/minyak
· Tingkat
SMA : menggunakan cat air/minyak
4. Pena
Kaligrafi atau sejenisnya ( Mata pena berukuran 2 mm/ 02 cm dan atau 3 mm/ 03
cm)
5. Alat
mewarnai tidak dibatasi dan disediakan oleh peserta
6. Media
kertas A3 80 gram (kertas disediakan oleh panitia)
7. Karya
di buat secara langsung tanpa bantuan alat cetak dalam bentuk dan jenis apapun
8. Dilarang
menggunakan ornamen dari bahan jadi seperti bunga, daun atau stiker.
9. Dilarang
menonjolkan latar belakang makhluk hidup atau yang menyalahi norma kesopanan
10. Dilarang
menggunakan karya jadi atau gambarnya, seperti foto, Foto copy dan gambar
visual untuk dijadikan acuan atau referensi karya di saat perlombaan.
11. Peserta
memasuki ruangan (tempat lomba) hanya membawa peralatan sja
12. Alokasi
waktu 180 menit (3 jam)
13. Hasil
karya menjadi hak milik peserta setelah penilaian kecuali yang menjadi juara
B. Sistem
Penilaian
1. Ketetapan
tulisan (sesuai dengan kaidah yang berlaku)
2. Keutuhan
ayat/ kalimat
3. KreatifitasVariasi
(Motif, Batik dan Ornamen Kaligrafi)
4. Komposisi
warna
5. Kesesuaian
tema
6. Kebersihan
C.
Diskualifikasi
Apabila ada peserta yang tidak memenuhi syarat dan
ketentuan diatas dan atau ada indikasi kecurangan, maka panitia berhak untuk
mempertimbangkan pendiskualifikasiannya.
D.
Aturan Tambahan
Hal-hal yang belum diatur dalam ketentuan di atas,
akan diatur dan ditentukan dikemudian sesuai dengan kebutuhan
CONTOH KALIGRAFI MUSHAF
MATEMATIKA tingkat
SMA
a.
Bentuk lomba adalah mengerjakan
soal-soal Matematika PG (30 soal) dan soal cerita (5 soal)
b.
Setiap sekolah mengirimkan maksimal
3 orang peserta untuk bertanding secara individu
c.
Peserta membawa alat tulis
masing-masing
d.
Materi yang dilombakan meliputi
pelajarankelas X - XII (Proporsional)
e.
Lombahanya terdiri atas 1 babak
dengan durasi pengerjaan 120 menit
PANAHAN
Peserta
|
:
|
Jenjang SD (1 Pa & 1 Pi), SMP (1 Pa & 1 Pi) & SMA (2 Pa & 2
Pi).
Dipilih 2 peserta
terbaik Putra dan 2 terbaik Putri
untuk tiap jenjang
|
|
Arena
Panahan
|
:
|
Outdoor
|
|
No.
Olahraga
|
:
|
Panahan Nomor Nasional
|
|
Jarak
Sasaran
|
:
|
SD (10
m), SMP (15 m), SMA (20 m)
|
|
Alat
|
:
|
· Jenis busur yaitu busur recuve
adalah busur yang terdiri dari 4 bagian utama yang dapat dibongkar pasang.
pada bagian Handle terbuat dari kayu keras atau alumunium pada limb (Daun
Busur) terdapat dua bagian yaitu atas dan bawah, pada busur panahan ini
terbuat dari bahan yang elastis separti Bambu dan serat karbon dan yang
terakhir pada bagian string terbuat dari bahan yang tahan atas regangan.
· Anak panah terbuat dari bahan
kayu, bambu, alumunium, dll.
· Sasaran disediakan oleh panitia.
· Boleh menggunakan alat tambahan
(stabillizer, visir, kliker, dll)
|
|
Waktu
Lomba
|
:
|
||
Tempat
Lomba
|
:
|
||
Penilaian
|
:
|
· Peserta mendapat kesempatan 3 kali
melepaskan anak panah.
· Ketepatan sasaran
dan performa/posisi berdiri dan sikap memanah yang benar.
|
|
Ketentuan Lomba :
- Setiap peserta menembakkan 10 rambahan (masing-masing 3 anak panah), setiap rambahan 2 menit
- Hanya dipertandingkan babak kualifikasi saja
- Juara ditentukan berdasarkan skor tertinggi
- Jika terdapat skor yang sama, ditentukan dengan satu tembakan shoot off
Tanda Pluit :
- Pluit 2 kali : masuk line shooting
- Pluit 1 kali : mulai menembak
- Pluit 3 kali mengambil anak panah
PIDATO BAHASA ARAB
(SMA)
a.
Setiap
sekolah mengirim 1 peserta (putra/putri)
b.
Pidato dibuat sendiri dengan tema “Save Allepo”
c.
Peserta mengisi daftar hadir dan
menyerahkan teks pidato dalam bentuk print
out (rangkap 3) pada pukul 07.30 WIB. (Konfirmasi apabila ada perubahan
judul)
d.
Peserta yang dipanggil tiga kali dan
tidak hadir diperkenankan tampil setelah nomor urut peserta terakhir. (Apabila
peserta tidak hadir pada kesempatan kedua maka peserta dinyatakan gugur)
e.
Peserta tidak diperkenankan membawa dan
atau membaca teks saat tampil.
f.
Durasi berpidato maksimal 7 menit (waktu
mulai dihitung ketika petugas memberi tanda).
g.
Petugas akan memberi tanda ketika durasi
berpidato kurang 1 menit (dari waktu maksimal).
h.
Petugas akan memberi tanda ketika waktu
berpidato habis.
Penilaian
1.
Aspek yang dinilai meliputi:
a. Kemampuan
vokal (kejelasan suara, tempo, dan intonasi)
b. Materi
pidato
c. Penguasaan
materi pidato dan kelancaran
d. Kefasihan
(Penggunaan bahasa Arab yang baik dan benar)
e. Ketepatan
waktu
2.
Peserta dengan urutan skor tertinggi
akan menjadi pemenang
SPRINT
a. Perlombaan sprint terdiri atas perlombaan 1 putra dan 1 putri
b. Pemenang dihitung berdasarkan kecepatan waktu
c. Jarak tempuh 100 meter
d. Setiap sekolah peserta wajib membawa 1 stopwatch
digital
Juknis
Musikalisasi Puisi (SMA)
- Sekolah mengirimkan satu tim yang terdiri dari minimal dua orang, maksimal 5 orang (putra)
- Puisi yang dijadikan musikalisasi adalah : Aku-Chairil Anwar, Pada Suatu Hari Nanti - Sapardji Djoko Damono, Sajak Palsu - Agus R. Sarjono, Karena Kasihmu - Amir Hamzah
- Tidak diperkenankan menjiplak irama atau karya org lain yang telah ada baik tradisional, nasional, mancanegara. Tetapi harus orisinil karya sendiri
- Alat musik bebas, dibawa sendiri oleh peserta. Tidak diperkenankan menggunakan instrumen, minus one, atau musik pengiring lainnya yang sudah dalam bentuk rekaman
- Penilaian terdiri dari orisinilitas, intepretasi puisi dan penampilan
Komentar
Posting Komentar